7 Tanaman Obat Paling Terkenal di Indonesia

Sejak zaman dulu, nenek moyang kami telah bersahabat dengan aneka tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Sampai sekarang pun ketidak sedikitan orang yang lebih suka mengonsumsi tanaman obat tersebut dibandingkan dengan obat modern. Faktor ini dikarenakan obat modern mengandung bahan kimia yang lama-kelamaan dapat berakibat kurang baik untuk ginjal.

7 Tanaman Obat Paling Terkenal di Indonesia


Selain itu, tanaman obat pun harganya sangat terjangkau sebab dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan beberapa di antaranya dapat kalian tanam sendiri di halaman rumah. Untuk kalian yang berminat untuk beralih ke tanaman obat, coba simak daftar 10 tanaman obat paling terkenal di Indonesia beserta dengan khasiatnya berikut ini!

1. Tanaman obat daun kumis kucing
Tanaman obat yang pertama merupakan daun kumis kucing. Tanaman ini mudah ditemukan di sejumlah tempat di Indonesia. Bentuknya yang cantik juga dapat memperindah halaman rumah.

Daun kumis kucing terkenal ampuh untuk mengobati kencing batu serta melancarkan saluran kemih. Tidak hanya itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, diabetes, sampai hipertensi.

2. Tanaman obat lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat yang terkenal serta disukai oleh tak sedikit orang, khususnya para wanita. Tanaman lidah buaya terkenal berguna untuk kecantikan rambut serta kulit, umpama saja menghitamkan rambut, menghapus jerawat, sampai mengurangi bekas luka.

Dagingnya berguna untuk kesehatan tubuh semacam meredakan batuk, radang tenggorokan, sembelit, alias diabetes. Pada saat cuaca panas, daging tanaman ini dapat dimasak memakai air gula lalu diberi es batu sebagai minuman penyegar tenggorokan.

3. Tanaman obat belimbing wuluh
Belimbing wuluh biasanya dipakai untuk meningkatkankan rasa asam pada sejumlah masakan tradisional Indonesia. Tidak hanya untuk memasak di dapur, nyatanya belimbing wuluh yang berkapasitas kecil ini juga termasuk dalam tanaman obat.

Sebagai tanaman obat, belimbing wuluh berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, rematik, godongan, sariawan, pegel linu, sampai sakit gigi. Buah, batang, serta daun dari belimbing wuluh ini dapat dipakai semuanya, lho!

4. Tanaman obat temulawak
Tanaman obat berikutnya merupakan temulawak yang orisinil dari Indonesia. Telah dari dulu temulawak dikenal sebagai bahan jamu. Tahap yang paling tak jarang dipakai merupakan akar serta dagingnya. Bentuknya lonjong berkapasitas sedang.

Tanaman obat yang dapat kalian coba tanam di dekat teras rumah ini berkhasiat untuk mengobati gangguan ginjal, menjaga kesehatan hati, serta menguatkan jantung.

5. Tanaman obat daun cincau
Cincau yang tak jarang kalian temukan di penjual kaki lima dibangun dari daun cincau. Tanaman obat yang satu ini dikenal sangat ampuh untuk meredakan panas dalam, mengobati demam, sampai meredakan radang lambung.

Selain lidah buaya, daun cincau merupakan tanaman obat lainnya yang mempunyai rasa enak serta tak sedikit dipasarkan. Bagi kalian yang ingin menanamnya di rumah, daun cincau ini dapat diletakkan di dekat gazebo sebagai dekor yang berguna sekaligus menyejukkan bagi tiang-tiang sebab sifatnya merambat.

6. Tanaman obat jahe
Tanaman obat berikutnya tentu telah tak asing lagi di telinga kamu, jahe. Tanaman obat jahe berkhasiat untuk menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin, mengurangi masuk angin, sampai menyembuhkan batuk sebab rasanya yang sedikit pedas serta panas. Beberapa hidangan khas Indonesia pun tak sedikit yang memakai ramuan jahe.

7. Tanaman obat buah srikaya
Tanaman obat buah srikaya nyatanya mempunyai tak sedikit khasiat untuk pengobatan tubuh. Tahap daun, akar, serta kulitnya mengandung beberapa zat yang bersifat antiradang serta antidepresi. Beberapa khasiatnya merupakan membunuh cacing usus, mempercepat proses penghilangan bisul, serta melancarkan pencernaan.